Cak Imin Jadi Menko, di Kabinet Prabowo-Gibran

Memperkuat kabinet Prabowo-Gibran setelah rival di Pilpres 2024
Cak Imin, kini ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Foto: Instagram@cakiminow

JAKARTA -- Setelah gagal terpilih sebagai Wakil Presiden RI pada Pilpres 2024, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, yang akrab disapa Cak Imin, kini ditunjuk oleh Presiden Prabowo Subianto sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Menariknya, Cak Imin dan PKB sebelumnya adalah rival pasangan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Namun, PKB akhirnya memilih bergabung untuk mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan.

"Abdul Muhaimin Iskandar, Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat", ujar Prabowo di Istana Negara, Ahad 20 Oktober 2024 malam.

Kemenko Bidang Pemberdayaan Masyarakat merupakan kementerian baru di kabinet Prabowo-Gibran. Cak Imin sebelumnya mendampingi Anies Baswedan sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2024.

Sebelumnya, Cak Imin menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 dan pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada 2009 hingga 2014 di bawah pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada Senin 14 Oktober, Cak Imin menjadi salah satu tokoh yang dipanggil Prabowo ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan, untuk membahas pembentukan kabinet. Ia juga hadir dalam pembekalan calon menteri di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Sidang Umum Paripurna MPR, 20 Oktober, kemarin.

Prabowo sebelumnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan dalam kabinet Jokowi. Selain itu, mantan Danjen Kopassus ini juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

Di sisi lain, Gibran, putra sulung Jokowi, menjadi wakil presiden termuda dalam sejarah Indonesia, dilantik pada usia 37 tahun.